Sanggar Tari Indonesia Diundang Tampil di Festival Budaya Spanyol

27 October 2016

Organisasi budaya Spanyol, Council of Organizations of Folklore Festivals and Folk Arts (CIOFF) menggandeng Indonesia untuk bekerjasama di bidang budaya. Kali ini sanggar tari Ayodya Pala di Depok mendapat kesempatan tampil  dalam Festival Budaya di Spanyol.

CIOFF adalah organisasi non profit yang berada di bawah naungan UNESCO. Para penari Indonesia akan diajak ke Spanyol memeriahkan festival budaya.

"Motivasi saya ke Indonesia saat ini mengundang grup tari Ayodya Pala untuk mengikuti festival di kepulaan di Spanyol. Kami organisasi yang mempersatukan seluruh negara  di bidang kebudayaan," kata Direktur CIOFF David Castellano Gonzales di DMall, Minggu (23/10).

Bukan hanya itu, kedatangan David ke Indonesia memang berniat mengenal budaya Papua dan kehidupan penduduknya. David menambahkan ini bukan kali pertama bagi Spanyol menggandeng Indonesia dalam kerjasama kebudayaan.

"Saya ingin mengenal Papua kebudayannya dan penduduknya. Ingin lebih dekat dengan budaya otentik Papua," kata David.

Menurut David, Indonesia kaya dengan adat istiadat dan budaya. Ia sudah berkunjung ke banyak daerah di Indonesia dan melihat seluruh tarian tradisional masing-masing daerah. Dia menilai tarian Indonesia memiliki ciri khas yang berbeda dan orisinil.

"Kita pernah mengundang grup tarian Indonesia sebelumnya ke Spanyol. Dan warga Spanyol sangat suka sekali. Tarian Indonesia sangat otentik dan tradisional. Merupakan kebudayaan yang sangat menarik," kata David. 

Dari seluruh daerah yang dia kunjungi, David tidak dapat menilai seluruh tarian satu persatu. Sebab, menurutnya setiap tarian memiliki ciri khas berbeda dan keunggulan. Dibandingkan dengan Spanyol, David mengungkapkan bahwa rakyat disana tidak harus menunggu perhatian pemerintah untuk mengembangkan seni dan budaya tetapi beekreasi atas inisiatif masing-masing.

"Saya sudah ke Bali dan Jakarta tariannya indah. Seperti Sulawesi atau Tanah Toraja hingga Wamena. Semuanya indah punya ciri khas," ungkapnya.

Pimpinan Sanggar Tari Ayodya Pala Budi Agustinah menyambut baik undangan Spanyol kepada anak didiknya untuk mengikuti festival budaya. Menurutnya ini kesempatan baik untuk mempromosikan budaya Indonesia di mata mancanegara.

"Tentu kami apresiasi bekerjasama lewat seni dan budaya. Ada 25 penari kami yang akan mengikuti festival budaya disana selama satu minggu. Lewat seni, maka hubungan dua negara akan lebih erat," katanya. 

 

(cr1/JPG)

http://www.jawapos.com/read/2016/10/23/59391/sanggar-tari-indonesia-diundang-tampil-di-festival-budaya-spanyol/1